Friday, August 17, 2012

otomotif

hello para bikers yg ingin lihat lihat mobil antik atau anda bila ingin melihat lihat harga mobil ini ..!!

Merk: BMW
Model: Z3
Transmisi: Tiptronik
Tahun Pembuatan: 1996-2002
Harga Baru (pada saat punya/tes): Sekitar Rp 800 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Sekitar Rp 350 - 400 juta

Spesifikasi Kendaraan: mesin dimulai dari 1800cc - 3200cc

Ulasan: (Ambil dari postingan bro Linear_power)
Z3 merupakan kelanjutan dari Z1. Z3 pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep pada tahun 1996 tak lama setelah ditampilkan pada film James Bond - Golden Eye. Z3 diproduksi sejak 1996 - 2002.

perancang model Z3 adalah Joji Nagashima. awalnya Z3 menggunakan mesin M44B19 1900 cc 4 silinder, tetapi karena tenaga yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan konsumen, pada produksi berikutnya menggunakan berbagai kapasitas mesin inline 6 silinder, varian terbesar menggunakan mesin S54B32 3200 cc inline 6 silinder. beberapa tuning house memodifikasi Z3 menggunakan mesin V8 dengan kapasitas 4400 cc dan 5000 cc.

Positif:
-Mesin bertenaga (Untuk mesin diatas 2800cc). Kebetulan yang saya pakai yang 3000cc.
-Model eksotik.
-Stabil di setiap tikungan.
-Dibuat dengan material terbaik.

Negatif:
-Boros BBM (Untuk mesin diatas 2800cc).
-Kabin berisik.

Pendapat pribadi (subjective):
Puas banget pake mobil ini, bentuknya yang mungil sangat cocok untuk dipakai di dalam kota, lincah karakternya, apalagi kalau dari keadaan stop di lampu merah, pasti paling ngacir duluan. Ga enaknya ya kabinnya itu yang kurang kedap, saat di jalan yang ga mulus kabin jadi berisik.

Satu lagi kelebihan naik mobil ini, kemana-mana gampang cari parkir.


Merk: Ferrari
Model: F50 (4.7L V12)
Transmisi: Manual 6 percepatan
Tahun Pembuatan: 1995-1997
Harga Baru: (unknown)
Harga Second: (unknown)

Spesifikasi Kendaraan:
General : N/A Mid-engine, RWD, hardtop convertible, M/T 6-Speed + reverse, limited slip differential.

Engine : 4.7L V12 N/A, 513 hp @ 8000 rpm, 470 N-m @ 6500 rpm.

Suspension :
- Front: F1-derived, rose-jointed unequal-length wishbones, push-rods, coil springs, Bilstein gas-pressurised monotube dampers, electronic adaptive damping, electronic height adjustment (40 mm max).
- Rear: F1-derived, rose-jointed unequal-length wishbones, push-rods, coil springs, Bilstein gas-pressurised monotube dampers, electronic adaptive damping, mounting points on a spacer between the engine and gearbox.

Wheels/Tires/Brakes :
- Front : 18 in. x 8 in., 245/35/18 (Z), Brembo ventilated cast iron disc, 4 piston aluminium calipers.
- Rear : 18 in. x 13 in., 335/30/18 (Z), Brembo ventilated cast iron disc, 4 piston aluminium calipers.

Performance :
- Top Speed : 312 km/h
- 0-60 mph : 3.7s


Ulasan:
Ferrari F50 salah satu model yang bisa dibilang langka disini, well dibanding 550 Maranello atau 360 Modena yang ga terlalu jauh umurnya, F50 paling sedikit yang punya di Indonesia.
dan berdasarkan data dari tante wiki, cuma 349 mobil yang diproduksi yang tersebar ke seluruh dunia selama 2 tahun masa produksinya.
kebetulan ada kenalan yang punya dan diperbolehkan buat tes drive sekitar Jagorawi, maka berangkatlah gw mencicipinya

berbekal mesin N/A 4.7L V12, raungan mesin sangat enak didengar, ya kalian tau lah "merdu"nya V12 Ferarri
F50 penerus dari sang kakak, F40, dan punya junior Enzo.
F50 lebih berat dibanding sang kakak, tapi itu diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan tenaga mesin yang diperoleh.
dari 2.936 cc V8 471 hp (F40), meningkat menjadi 4.698 cc V12 513 hp.
dan transmisi manualnya bisa dibilang salah satu yang terbaik di eranya.
begitu ditarik, 200 km/h bukan urusan yang sulit buat F50, dan handlingnya di kecepatan seperti itu pun masih bagus.
top speed yang dicapai saat tes tembus kira-kira sekitar 280 km/h berhubung nyali kurang besar , kurang sedikit dari top speed yang diklaim oleh pihak Ferrari.
berhubung posisi mengemudi yang kurang enak, maka niat untuk menjajal handling ke arah yang lebih ekstrim diurungkan, maklum mobil pinjaman

untuk sekedar "memperkenalkan" diri anda ke publik di jalan raya, cukup buka hardtop convertible, dan mainkan gasnya.
dengan model yang stylish dan bisa dibilang top-of-linenya Ferrari di masa itu, semua mata akan tertuju pada anda
eksklusivitas mobil juga jadi nilai lebih buat F50 ini, 349 unit mobil yang terproduksi, dengan didominasi warna merah khas Ferrari (302 unit, tersebar seluruh dunia) makin memudahkan anda untuk "memperkenalkan" diri di depan publik

Positif:
- Mesin sangat responsif (N/A Engine)
- Handling bagus
- Model stylish
- Eksklusivitas, berhubung sedikit yang tersebar di Indonesia

Negatif:
- Posisi mengemudi kurang leluasa buat tinggi diatas rata-rata (semua sport car begitu sih )
- Ground clearance kecil
- Bantingan keras (efek dari handling)
- Biaya perawatan & pemakaian tinggi

Ringkasan:
salah satu Berlinetta terbaik yang pernah dimiliki Ferrari, sayang umur produksinya pendek. tenaga & gaya + gengsi dari mobil ini sangat besar, sayang biaya perawatan dan pemakaian pun ikut besar, 8/11 mpg merupakan data umum yang dipublikasikan oleh Ferrari untuk pemakaian normal mobil ini.

Pendapat pribadi (subjective):
Posisi mengemudi yang kurang leluasa untuk gw pribadi sedikit jadi nilai minus, tapi itu semua ditutup oleh performa mobil ini. nilai gengsi juga diatas rata-rata dibanding Ferrari lainnya (selain Enzo) 



data:
mesin: 2000cc biturbos, mivec 16valves
transmisi: 6speed twin clutch AWD
harga: 49.000 poundsterling
data:
-400hp/542nm
-ralliart aero kit
-toyo proxes tires
-18" light alloy wheel (klo g salah sih merk BBS, tapi kk ane dapet ENKEI WRC TARMAC EVO)
-top speed 250km/h (lepas limiter sampai 300 kok di dynojet)
tahun pembuatan:2009-sekarang

tambahan:
-lancer ini sudah modifikasi dari ralliart UK
-audio udah merk BOSE, with DVD internal 30GB
-ada satnav
-sebenernya lancer ini bisa dicustom kok sesuai permintaan anda pada saat pembelian
-ternyata walaupun fq400 itu versi resmi UK, tapi ada beberapa lancer fq400 yang di manufactur @jepang looh , dilihat dari dibawah jok driver ada tulisannya: MADE in Mitsubishi heavy industries Japan under license ralliart UK
aneh kan??

kelebihan:
-sudah pake super AWD, jadi lebih maksimal traksinya
-turbo lag tidak terasa
-driving experience
-suspensi rigid (ini kekurangan apa kelebihan?)
-limited edition
-custom
-brakenya sangat pakem (6piston)
-tidak ada gejala body roll tapi bisa nge-drift dengan gampang
-lincah
-tenaga powerfull
-torsi super gede
-brand sport-tuning car
-garansi 3tahun
-akselerasi gila2an
-bunyi bi turbos merdu

kekurangan:
-kabin bising
-bantingan keras
-kurang nyaman untuk penumpang
-boros
-harga mahal
-pajak sama mahalnya
-spare part susah, harus dari ralliart UK
-minta minum minimal pertamax plus
-transmisi kurang mulus


review:
ni sudah produk top class mitsubishi heavy industries (mitsubishi conglomerate)..
g da yang bisa di katakan selain high performance car
ane coba sih cukup gila buat di jalan tol n menegangkan buat jalan luar kota
tiada tara dah..
lancer ini sudah mampu lawan ferarri zaman awal tahun 2000an..
g ada body roll, serasa gerakan ngikutin stir..

lancer ini bisa di tuning sampe' 1200hp loh...
ane sudah buktikan.. hhe,
gear transmission ambil merk ACT formula 8speed.. keren banget dah sampe bisa gigi 7 itu...
mungkin masalahnya pada problem cooling system klo modifikasi ekstreme, makanya ni mau ganti cylinder cosworth, udah bore up jadi 2200cc biar nyesuaiin pembakaran dan kompresi agar g ketinggian...
ganti per valvenya sama yang lebih keras misal HKS/japan_tuning bisa naikin engine range sampai 11.000rpm, tapi safe kita pakai di 9800rpm...
mobil ini g saya saranin dah buat anda pecinta hypercar..
karena atapnya ketinggian dan masih perlu penyempurnaan di desainnya.. (wong lancernya ini sekarang atapnya sudah di chopshop 35mm kok..
segitu aja dulu untuk para otomotif nanti saya post kendaraan roda 2 :D

No comments:

Post a Comment